sumber: muhamad-azhari.blogspot.co.id

Tips Aman Bekerja Didepan Monitor dan Melaksanakan UNBK

Ujian Nasional saat sudah menggunakan komputer atau dikenal dengan istilah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Dalam UNBK, peserta didik dan proktor selalu berhadapan dengan layar monitor setidaknya selama 120 menit atau 2 jam.

Berhadapan dengan layar monitor dengan waktu lama bukan tanpa resiko. Paling tidak, resiko yang mungkin bisa terjadi adalah gangguan mata, nyeri punggung, sakit pinggang, sakit leher, sakit pergelangan dan lain sebagainya. Untuk menghindari itu semua

  • Jaga jarak pandang ke monitior.

Jarak yang disarankan adalah sekitar 40 cm sampai 100 cm dari mata.

  • Gunakan meja / kursi yang nyaman.

Posisi paha sebaiknya horizontal sejajar dengan lantai tempat. Telapak kaki menapak ke lantai. Jangan membungkuk, rileks dan nikmati. Atur posisi monitor sejajar atau sedikit dibawah mata.

  • Lebih disarankan menggunakan monitor LCD/LED daripada monitor tabung (CRT).
  • Sesuaikan pengaturan pencahayaan monitor. Jangan mengatur monitor milikmu terlalu terang karena efek silaunya dapat mempercepat kelelahan pada mata
  • Istirahatkan mata sejenak dari lelah, berkedip dan melihat ke arah lain (melihat pepohonan atau sesuatu yang menyejukkan/menyenangkan sebagainya).
  • Gunakan kacamata anti radiasi. Kacamata ini berguna menghindari radiasi monitor, cahaya lampu mobil, radiasi televisi, dan sebagainya.

  • Makan, minum, dan konsumsi tambahan vitamin secara teratur, tidur yang cukup, olahraga teratur, dan piknik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Disabilitas Tak Halangi Semangat Mengajar Pak Heri

Pak Heri, begitu panggilan akrab guru pengajar Perbankan Syariah di ...