Foto pembelajaran teori di SMK Nahdlatul Ulama. Siswi Perbankan Syariah.

SMK Al-Muttaqien atau SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan ?

Suatu hari, salah seorang pengawas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari sekolah lain mendapat jadwal mengawas di SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan. Pada saat hari pertama pelaksaaan UNBK, pengawas tersebut berangkat pagi sekali karena masih hendak mencari lokasi SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan.

Saat melintasi kawasan Gunung Guntur, tak menemukan satu pun papan nama SMK Nahdlatul Ulama, bahkan beberapa orang yang ditemui yang ditanya mengenai lokasi SMK Nahdlatul Ulama, tidak ada yang mengetahui. Padahal lokasi SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan berada dikawasan Gunung Guntur. Hingga akhirnya pengawas tersebut menyebut nama “Al-Muttaqien”, barulah orang yang ditanya paham lokasi sekolah tersebut.

Masyarakat dikawasan Gunung Guntur memang lebih familiar dengan nama Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien meskipun tidak secara khusus mengetahui jenjang-jenjang pendidikan formal yang ada didalam pesantren tersebut. Sementara Pesantren Al-Muttaqien memiliki jenjang pendidikan mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak dengan nama Raudlatul Athfal Al-Muttaqien, kemudian Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Muttaqien, dan SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan.

Nama SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan memang berbeda dengan jenjang pendidikan lainnya, sementara beberapa orang yang mengetahui adanya SMK di pesantren Al-Muttaqien mengira bahwa nama sekolah menengah kejuruan tersebut adalah SMK Al-Muttaqien Balikpapan seperti halnya nama-nama jenjang pendidikan dibawahnya. Oleh karena itu, nama SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan masih kurang diketahui dibandingkan pesantren yang menjadi tempat SMK NU Balikpapan.

Demikian juga ketika orang-orang melakukan pencarian lokasi maupun informasi mengenai SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan melalui Search Engine seperti Google. Diantara mereka ada yang masih mengetikkan keyword SMK Al-Muttaqien bukan SMK NU atau SMK Nahdlatul Ulama, seperti misalnya Syarat pendaftaran SMK al-muttaqien Balikpapan, jurusan SMK ponpes al muttaqien Balikpapan, biaya pendaftaran SMK pesantren Al-Muttaqien dan lain sebagainya.

Sampai saat ini, siswa-siswi SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur, tidak hanya berasal dari Balikpapan, seperti dari Samarinda, Sangatta, Penajam, PPU, Bontang dan lain sebagainya.

SMK NU Balikpapan merupakan salah satu sekolah berbasis Pondok Pesantren (Islamic Boarding School) yang berada di komplek Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Jl. Letjend S. Parman No. 47 RT. 22 Kelurahan Sumber Rejo Kawasan Gn. Guntur, Kecamatan Balikpapan Tengah. Telp. 0542-733422.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

40 Istilah Dasar Sebelum Memulai Adobe Premiere

Sebelum video editing, ada baiknya mengenal terlebih dahulu beberapa istilah ...