Sintaks/ Langkah-Langkah Model Pembelajaran

Berikut ini merupakan model-model pembelajaran yang dapat digunakan didalam kegiatan inti pembelajaran didalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Model Pembelajaran ini menyesuaikan dengan hasil analisis KI KD, Indikator Pencapatan dan Tujuan Pembelajaran.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran tersebut sebagai berikut:

Model Pembelajaran Project Based Learning (Berbasis Proyek/ PjBL) :
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3. Menyusun jadwal (create schedule)
4. Memantau siswa dan kemajuan proyek (monitoring the students and progress of project)
5. Penilaian hasil (assess the outcome)

Model Pembelajaran Discovery Learning (Berbasis Penemuan) :
1. Stimulation (Stimulus)
2. Problem Statement (Identifikasi Masalah)
3. Data Collecting (Mengumpulkan data)
4. Data Processing (Mengolah data)
5. Verification (Memverivikasi)
6. Generalization (Menyimpulkan)

Model Pembelajaran Problem Based Learning (Berbasis Masalah):
1. Orientasi peserta didik pada masalah;
2. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar;
3. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok;
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan.
5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Model Pembelajaran Inquiry Learning :
1. Tahap orientasi.
2. Merumuskan Masalah.
3. Merumuskan Hipotesis.
4. Tahap pengumpulan Data.
5. Menguji Hipotesis.
6. Menarik Kesimpulan.
7. Orientasi.
8. Merumuskan masalah

(4bd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Analisis Peran Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik Di SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan

Analisis Peran Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik Di SMK Nahdlatul ...

Hubungi via WA