Penelitian terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas XI Multimedia

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan, Kalimantan Timur. Judul penelitian ini adalah PENGGUNAAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKNIK ANIMASI TWEENING MATA PELAJARAN ANIMASI 2D & 3D DI SMK NAHDLATUL ULAMA BALIKPAPAN. Penelitian dilaksanakan dengan model pembelajaran daring dimasa Pandemi, 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Nahdlatul Ulama, yang berjumlah 22 siswa namun yang bisa mengikuti kegiatan Daring secara terus-menerus sebanyak 12 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Lembar Observasi, dan Tes untuk mengukur keaktifan dan hasil belajar.

Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan tes pengetahuan – keterampilan. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data-data tersebut dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis berdasarkan jenisnya agar mendapatkan kesimpulan yang utuh dan menyeluruh. Teknik analisis data yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan keakfifan dan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D dengan materi pokok Prinsip Animasi Tweening. Analisis dilakukan baik untuk data observasi maupun hasil tes siswa. Penelitian tindakan yang dilakukan peneliti meliputi dua data yaitu data kualitatif dan kuantitatif.

Bedasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D kelas XI Multimedia A di SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa, antara pembelajaran yang tidak menggunakan E-Modul dengan pembelajaran yang menggunakan E-Modul pada Animasi 2D dan 3D kelas XI Multimedia A SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan.
  2. Penggunaan E-Modul didalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D. Berdasarkan hasil pengamatan pada setiap pertemuan, pada siklus I rata-rata persentase keaktifan siswa adalah 73.81. Pada siklus II rata-rata persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 80.36%. Pada Siklus III rata-rata prosentase keaktifan meningkat kembali menjadi 82.44%.
  3. Penggunaan E-Modul didalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D dengan kompetensi dasar Teknik Animasi Tweening. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklusnya dan telah mencapai KKM yang ditentukan.

Peneliti : Abdur Rohim, S.Kom
Jabatan : Guru / Kepala Program Keahlian Multimedia
File PTK : Terlampir

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

UKK dan US 2020/2021 Telah Selesai Dilaksanakan

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Multimedia, Teknik Pengelasan, dan Perbankan Syariah ...

Hubungi via WA