gambar: clipart-library.com

Membangun Kerja Tim di Sekolah

Kesuksesan dalam pelaksanaan program-program sekolah tidak akan bisa dicapai kecuali dengan adanya kerjasama. Agar kerja tim disekolah berjalan efektif maka setiap komponen yang ada didalamnya harus bersinergi.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kerja tim yang efektif di sekolah.

Luangkan Waktu Rapat Bersama
Penting untuk selalu diadakan pertemuan guna memastikan komunikasi yang berkelanjutan tetap terjadi antara anggota tim (komponen didalam lingkungan sekolah). Bertemu secara teratur dapat membantu tim tetap terhubung dengan perubahan apa pun. Selain itu, memungkinkan kita untuk segera mengatasi masalah apa pun yang kemungkinan bisa timbul.

Tidak ada kata “tidak mungkin untuk duduk bersama”. Rapat selalu dimungkinkan, bahkan tanpa kehadiran penuh semua anggota pun, masih bisa dilaksanakan. Sebab memang tidak semua pemangku kepentingan harus terlibat sepanjang waktu, disini hanya perlu memastikan bahwa semua anggota mengetahui informasi terbaru terkait kondisi dan pelaksanaan program didalam sekolah.

Terlibat/ Berkontribusi
Semua komponen yang ada didalam sekolah perlu berkontribusi atau terlibat dalamprogram-progam yang ada dengan beragam cara dan ide-ide baru mereka. Setiap orang harus melakukan bagian mereka yang sudah ditetapkan.

Hal itu karena salah satu alasan utama orang bekerja dalam tim adalah untuk memanfaatkan kekuatan / potensi yang beragama anggota, sambil menutupi kelemahan masing-masing.

Jadilah fleksibel
Penting untuk mendorong empati dan keterbukaan pikiran dalam kelompok. Jangan langsung menolak ide hanya karena dianggap tidak penting atau tidak akan bisa mengantarkan pada tujuan/keberhasilan dari sebuah program. Menolak hanya akan membuat anggota yang sudah berupaa berkontribusi merasa tidak dihargai.

Bekerjalah dengan premis bahwa ide yang disampaikan itu tetap dimungkinkan diterapkan, sambil mendiskusikan bagaimana cara menetapakannya. Bahkan seandainya pun pada akhirnya berkesimpulan bahwa suatu ide itu tidak layak, setidaknya sudah menunjukkan pertimbangan untuk kontribusi.

Komunikasi yang Efektif
Manfaatkan sepenuhnya semua alat komunikasi yang tersedia, seperti SMS, telepon, WA, dan lain sebagainya.

Memiliki Dokumentasi
Berusahalah untuk memiliki catatan kertas (atau digital) untuk semua aktivitas tim. Agenda rapat, notulen, dan jadwal adalah hal-hal yang berguna untuk dimiliki. Sehingga setiap anggota akan dapat bekerja dengan arahan yang jelas dengan dokumentasi yang tepat.

Perlu diingat bahwa sumber daya terbesar yang dapat Anda miliki dalam kehidupan sekolah adalah orang lain. Jadi pelajari bagaimana menjadi anggota yang produktif dari tim apapun pun untuk memaksimakan kerjasama didalam sebuah tim (teamwork).

Disarikan dari situs jobscentral. [4bd]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Tips UNBK, Cadangan/Backup yang Perlu Tersedia dalam Pelaksanaan UNBK

Pengalaman adalah salah satu guru terbaik. Ungkapan semacam ini sangatlah ...